Maksimalkan Perbaikan Jalan, Samsun Nilai Perlu Dianggarkan dalam APBD 2024

- Jurnalis

Senin, 8 Mei 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Wakil Ketua DPRD Kaltim

Wakil Ketua DPRD Kaltim

 

Samarinda – Sejumlah lubang menganga ditemukan disejumlah ruas jalan yang belum diperbaiki secara maksimal di bagian ruas jalan selatan.

Maka, menurut Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Muhammad Samsun untuk memaksimalkan perbaikan jalan tersebut, perlu dianggarkan kembali pada APBD Kaltim tahun 2024 mendatang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ini disampaikan Samsun saat melakukan tinjauan lapangan terkait kondisi ruas jalan di wilayah tersebut.

Samsun menyebut, bedasarkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Kaltim tahun 2022 kondisi ruas jalan di wilayah tersebut diklaim sudah diperbaiki secara maksimal.

Namun untuk memastikan laporan tersebut, Pihaknya bersama Pansus LKPJ Gubernur melakukan tinjauan langsung ke lapangan.

“Jadi LKPJ itu kita akan mengevaluasi kinerja Pemda (Pemerintah Daerah) melalui APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tahun 2022. Beberapa hari ini sudah kita running dan hearing dengan beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan hari ini kita verifikasi di lapangan terkait dengan ruas jalan provinsi sebagaimana yang dilaporkan dalam LKPJ gubernur,” kata Muhammad Samsun.

Dari hasil peninjauan tersebut, pihaknya menemukan beberapa titik ruas jalan yang belum dilakukan perbaikan secara maksimal.

Menurut Samsun, lubang yang menganga di beberapa titik ruas jalan tersebut dikarenakan lambatnya perbaikan dari yang kecil sehingga menimbulkan lubang yang cukup besar.

“Itu mulai dari Jembatan Dondang sampai ke bawah SD Muara Jawa. Kemudian batas Muara Jawa mulai dari habis Pom bensin AKR, sampai ke arah Handil Baru, putusnya sampai ke sini. Itu juga belum selesai, barangkali kemarin-kemarin masih rusak ringan, tapi karena tidak terawat, maka hari ini kelihatannya rusak berat,” ungkap Samsun.

Kemudian, perbaikannya juga harus menggunakan sistem rigid atau jalan beton sehingga disesuaikan dengan topografi wilayah, karena jika tetap menggunakan aspal maka dimungkinkan cepat rusak hingga menimbulkan lubang yang menganga.

“Intinya akan kita anggarkan kembali untuk segera menuntaskan dengan sistem rigid untuk kebutuhan seperti ini, karena kemarin kita ada memperpanjang anggaran nya cukup, kita aspal saja. Tapi kayaknya nggak kuat, karena topografi wilayah Kaltim ini cenderung labil itu harus licin. Jadi mau tidak mau harus kita gelontorkan lagi anggaran untuk menyelesaikan kerusakan ini,” terangnya.

Sementara Kepala Seksi (Kasi) Jalan Bina Marga PUPR Kaltim, M Muhran mengatakan bahwa, untuk beberapa ruas jalan yang masih rusak itu akan diupayakan untuk dimaksimalkan perbaikannya.

Pihaknya juga akan mendata ulang ruas jalan yang rusak tersebut, terutama beberapa titik yang disampaikan oleh pihak Pansus LKPJ gubernur, sehingga nantinya dapat dianggarkan kembali pada pekerjaan berikutnya.

“Sebenarnya target kami untuk daerah pesisir ini harus 100 persen mantap. Tapi dengan kondisi yang ada ini kami akan mendata kembali berdasarkan hasil survei, kita akan buat kembali perencanaannya untuk anggaran berikutnya. Sehingga mudah-mudahan apa yang kami kerjakan bisa bermanfaat untuk masyarakat,” imbuhnya.

Pihaknya memastikan keseluruhan ruas jalan di wilayah selatan akan mulus hingga tahun 2024 mendatang, sehingga aktivitas masyarakat setempat tidak terhambat akibat adanya temuan beberapa titik yang masih rusak.

“Dengan kondisi yang ada ini, memang kita harus bersinergi. Jadi berharap dengan kondisi peningkatan struktur menjadi rigid itu, peningkatan badan jalan bisa lebih bagus lagi. Sehingga yang semula 8 ton bisa menjadi 10 ton. Untuk sisanya ini akan dikejar tahun ini atau tahun depan,” tegasnya. (Andra/adv/DPRD Kaltim)

Berita Terkait

Pegadaian Area Samarinda Gelar Festival Ramadhan
Dedikasi Edi Damansyah Membangun Ketahanan Pangan: Kisah Transformasi Pertanian Kutai Kartanegara
Transformasi Pertanian Kutai Kartanegara: Peran Penting Bupati Edi Damansyah
Pegadaian Borong Penghargaan di Ajang PR Indonesia Awards 2024
Pegadaian Samarinda Bagikan Ratusan Makanan untuk Masyarakat
Kaleidoskop Bulan Oktober 2023  Kukar
Puji Setyowati Dorong Finalisasi Perda Gender
Puji Setyowati Dorong Guru di Kaltim Tingkatkan Kemampuan Teknologi untuk Pendidikan Masa Depan

Berita Terkait

Minggu, 3 Maret 2024

Kembali Gelar Festival Ramadan, Pegadaian Siapkan Panggung Emas!

Sabtu, 3 Februari 2024

Bagi-Bagi Hadiah, Pegadaian Undi Pegadaian POIN Periode II

Jumat, 2 Februari 2024

Apresiasi Pencapaian Agen Hebat, Pegadaian Gelar Agen Pegadaian Awards 2023

Senin, 29 Januari 2024

PT Pegadaian Berikan Kontribusi Positif Lewat Program CSR di Samarinda

Minggu, 28 Januari 2024

Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis Pegadaian Raih Best CFO Award 2024

Kamis, 25 Januari 2024

PT Pegadaian Perkuat Komitmen Lingkungan dengan Workshop Implementasi ESG

Selasa, 19 Desember 2023

PT Pegadaian Kanwil IV Balikpapan Tingkatkan Pelayanan di Perpustakaan Unmul dengan Bantuan Senilai Rp 150 Juta

Minggu, 19 November 2023

Aliansi Pejuang-Pemikir Pemikir-Pejuang Deklarasikan Sikap dalam Mendukung Penegakkan Demokrasi

Berita Terbaru

Pegadaian Area Samarinda Gelar Festival Ramadhan (ist)

Advertorial

Pegadaian Area Samarinda Gelar Festival Ramadhan

Jumat, 15 Mar 2024